Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Joko Pramono,SE, Anggota Dewan PKS Banyumas Serahkan 2 Set Gamelan, Wujud PKS Cinta Budaya

PKS Banyumas - Gending Laras Ayun-Ayun mengalun manis, mengiringi acara penyerahan 2 (dua) set alat kesenian gamelan bagi warga pecinta kesenian di Desa Karangkemiri dan Desa Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas oleh Joko Pramono,SE, anggota dewan dari fraksi PKS, pada hari Jum’at Pahing, 1 April 2022.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat menjadikan seni budaya sebagai alat pemersatu bangsa. Pelestarian budaya harus dilaksanakan oleh semua kalangan, termasuk PKS ingin menggairahkan seni budaya lokal untuk merekatkan hubungan masyarakat.  Jika dahulu para pahlawan berjuang untuk merebut kemerdekaan, kini perjuangan yang harus dilakukan adalah melestarikan kebudayaan lokal sebagai pemersatu bangsa sekaligus agar budaya kita tidak tergerus kemajuan zaman, khususnya bagi generasi muda.

Hal inilah yang menjadi landasan perwujudan pokok pikiran aspirasi Joko Pramono,SE, anggota dewan dari fraksi PKS Kabupaten Banyumas bagi masyarakat pecinta seni kedua desa tersebut. Didukung oleh antusiasme pecinta Seni Kebudayaan yang sangat luar biasa di dua desa tersebut baik dari kalangan ibu-ibu, bapak-bapak serta generasi muda.

Acara ini di hadiri oleh banyak pihak, dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kab. Banyumas hadir Bapak Edi Saptono selaku Kabid Kebudayaan, Kepala Desa Karangkemiri Bapak Subur Topo Prikhanto,ST, Kepala Desa Semedo Bapak Dasari serta tokoh masyarakat dari dua desa tersebut.

Kabid Kebudayaan Dinporabudpar Bapak Edi Saptono dalam sambutannya menyampaikan,

“Kami sangat mengapresiasi atas kesediaan Dewan dari Fraksi PKS untuk memperjuangkan Pokok Pikiran pada bidang Seni Budaya khusunya Gamelan sebagai alat musik khas Jawa Banyumasan. Dan kami sangat berharap kepada masyarakat pecinta kesenian untuk tetap menjaga, merawat dan menggunakan alat gamelan dengan baik,”tutur Edi.  

Ucapan terimakasih yang tak terhingga  dan apresiasi yang tinggi atas terealisasinya kebutuhan masyarakat pecinta seni didesanya, disampaikan oleh Kepala Desa Karangkemiri, Subur Topo Prikhanto,ST dalam sambutannya,

“Saya mengajak warga sekalian, mari kita bersama-sama mengenal PKS lebih dekat melalui sarana kesenian karawitan ini, keran PKS ternyata sangat mendukung upaya nguri-uri seni budaya Banyumasan,”kata Pak Subur, sapaan akrab warga kepada Kadesnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Semedo Bapak Dasari juga memberikan sambutannya,

“Ketidaktahuan saya terhadap kegiatan PKS selama ini, khusus terkait kegiatan Kesenian dan Budaya telah terjawab dengan Perjuangan Pokok Pikiran Anggota DPRD dari Fraksi PKS ini, dan berharap agar PKS senantiasa merawat keberagaman khususnya adat budaya maupun  kesenian,” utur Bapak Dasari, kepala desa yang juga pensiunan tentara ini.

Bapak Dasari juga mengapresiasi PKS dan Anggota Dewannya karena sudah cukup banyak aspirasi masyarakat Desa Semedo yang di perjuangkan melalui Pokok Pikiran Dewan PKS. 

Joko Pramono selaku Anggota Dewan berkesempatan untuk mencoba alat gamelan bareng dengan grup karawitan putri desa Karangkemiri. 

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-saman nguri-uri (merawat) kesenian asli daerah ini dengan cara melestarikan Kesenian dan budaya yang ada.  PKS insyaAllah siap berkolaborasi dengan siapa saja termasuk pelaku seni budaya, ayo gabung PKS, untuk seni budaya yang sukses,” ajak Mas Joko panggilan akrabnya.

Acara ditutup dengan doa dan foto bersama.  Sayup-sayup masih terdengar suara gending ketika Mas Joko meninggalkan area desa bersama para tamu undangan lainnya. Bersama semangat membangun kerukunan masyarakat dan persatuan bangsa melalui seni budaya. [Tanti Sujatmiko/Humas]

Post a Comment for "Joko Pramono,SE, Anggota Dewan PKS Banyumas Serahkan 2 Set Gamelan, Wujud PKS Cinta Budaya"