Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Atik Luthfiyah, Bagikan Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Banjir Banyumas

Warga Desa Gebangsari Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas merasa lega ketika banjir mulai surut. Bersama tim relawan PKS Banyumas  berjibaku membersihkan lumpur dan kotoran yang terbawa banjir, sembari mereka terus melantunkan doa semoga hujan tak kembali menderas, dan banjir tidak hadir.

Namun rupanya, selisih satu hari hujan kembali turun, hampir 3 jam hujan deras turun terus menerus. Banjir kembali menggenangi tidak hanya desa Gebangsari, banjir juga menyasar ke desa Prembun, desa Karangpetir, desa Gumelar Kidul, desa Plangkapan Kecamatan Tambak. Wilayah Kecamatan Sumpiuh beberapa desa juga terdampak banjir diantaranya Desa Nusadai, Desa Karanggedang, Desa Selandaka, dan Desa Kuntili. 

Semua warga kembali mengungsi dibantu tim evakuasi dari relawan PKS Banyumas ke balai desa, gedung sekolah dan bangunan yang letaknya lebih tinggi lainnya.

Mendengar berita banjir  tersebut, Atik Luthfiyah, anggota dewan PKS Banyumas merasa harus segera turun tangan. Atik segera menghubungi mba Yeni Winarsih, ketua DPC PKS Tambak, menghimpun informasi kebutuhan bantuan bagi segenap korban banjir di wilayah desa Gebangsari kecamatan Tambak.

Siang itu Atik Luthfiyah turun ke kawasan banjir, bersama suami mengirimkan bantuan berupa paket sembako, peralatan mandi (sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, sabun cuci), pakaian baik luar maupun dalam, pembalut, diapers, bubur bayi dll bagi para pengungsi. Atik turun langsung  berbelanja kebutuhan tersebut.  

"Kadang tidak terpikir adalah kebutuhan khusus untuk perempuan dan anak-anak berupa pakaian dalam, pembalut, diapers, bubur bayi, dan lainnya, maka kami perbanyak juga bantuan barang-barang tersebut," ungkap Atik.

" Disambati (keluhan) relawan dan pengungsi yang berhari- hari tidak bisa ganti pakaian dalam mbok nelangsani," lanjutnya dengan bahasa campur ngapak Banyumasan. 

Tanpa rasa lelah, sesampai di tempat pengungsian, dengan ramah dan terus menguatkan para pengungsi, Atik turut membagikan bantuan.

Usai kegiatan membagi bantuan, Atik dengan sigap membantu membungkus nasi beserta lauk pauk bersama para ibu-ibu relawan DPC PKS Kecamatan Tambak di dapur umum, sambil berbincang tentang hikmah musibah, tentang harga minyak yang melambung, tentang banyak hal keluh kesah masyarakat. 

Atik Luthfiyah menyimak dengan seksama setiap cerita yang mengalir dari warga.

“Semoga masyarakat Indonesia, khususnya para warga yang terdampak banjir di wilayah Banyumas dan sekitarnya diberikan kekuatan dan kesabaran atas setiap musibah yang dialami, karena setiap kejadian selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil, yen sabar kuwi dadi subur, ayem neng ati, pasrah maring sing Maha Kuasa sakwise ikhtiar maksimal nggih ibu-ibu”,tutur Atik.

Atik Luthfiyah pun tak lupa mengucapkan terima kasih atas segenap bantuan para donator yang telah turut bersama berupaya membantu para korban banjir Banyumas.

Masih diiringi gerimis di pengungsian, Atik melantunkan doa semoga para donator diberikan kelapangan rizki yang makin luas, makin kuat dan semangat berbagi menebar kebaikan.

Semangat terus Bu Dewan yang selalu sigap bergerak dalam bingkai kebaikan. [ts/humas]

Post a Comment for "Atik Luthfiyah, Bagikan Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Banjir Banyumas"